HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Iklan Billboard 970x250

Mengenal Perbedaan Morbiditas dan Mortalitas yang Saling Berkaitan


Setiap makhluk hidup yang bernyawa akan mengalami kematian termasuk manusia. Dalam proses menuju kematian tersebut, manusia bisa mengalami keluhan berupa rasa sakit yang disebabkan oleh banyak faktor. Mungkin Anda pernah mendengar kata mortalitas namun asing dengan morbiditas yang berasal dari bahasa latin morbidus. Morbiditas adalah pernyataan terkena penyakit atau tingkatan rasa sakit.


Pengertian dan kegunaan morbiditas

Secara definisi, morbiditas adalah gangguan terhadap kondisi fisik dan jiwa yang disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Akibatnya seseorang yang memiliki persentase morbiditas tinggi bisa mengalami penurunan kinerja atau gangguan aktivitas harian. Keluhan kesehatan yang dialami masyarakat bervariasi mulai skala ringan hingga kronis, misalnya demam, flu, diare, sakit gigi, dan lain-lain.

Apabila Anda juga sering mengalami keluhan tersebut, segera konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan layanan kesehatan yang disediakan oleh Halodoc. Melalui Halodoc, Anda bisa melakukan konsultasi kesehatan secara online sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi valid terkait keluhan penyakit yang Anda rasakan.

Kecelakaan termasuk dalam morbiditas yang menyebabkan gangguan aktivitas fisik. Bahkan kecelakaan menjadi salah satu faktor yang membuat angka mortalitas di Indonesia cukup tinggi. Morbiditas memiliki fungsi kegunaan yang cukup banyak sebagai berikut :

1. Indikator mengukur tingkat kesehatan masyarakat

Morbiditas berguna untuk mengukur tingkat kesehatan masyarakat berdasarkan pada keluhan penyakit tertentu. Orang yang memiliki penyakit kronis masuk dalam kategori memiliki keluhan kesehatan meskipun penyakit tidak kambuh dalam rentang survei dilakukan.

2. Pertimbangan pembangunan bidang kesehatan

Dengan mengetahui rumusan morbiditas, pembangunan bidang kesehatan sangat terpengaruh agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan akses dan fasilitas kesehatan secara merata. Di berbagai wilayah terpencil, angka morbiditas dan mortalitas cukup tinggi disebabkan oleh keterbatasan layanan kesehatan.

3. Meningkatkan kesehatan masyarakat yang lebih baik

Kegunaan dari morbiditas bisa menjadi acuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat lebih baik kedepannya. Jika banyak penduduk yang mengeluhkan penyakit atau gangguan kesehatan lain, maka angka kesehatan masyarakat masih rendah.

Selain perlu pemahaman dan kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat, perbaikan segala sektor seperti fasilitas rumah sakit atau klinik yang memadai, ketersediaan dokter dan obat-obatan bisa mendukung peningkatan kesehatan masyarakat.

Morbiditas bisa terjadi berulang selama manusia masih hidup hingga mengalami kematian. Ukuran yang digunakan untuk menentukan morbiditas adalah angka, rasio dan proporsi. Data morbiditas bisa menggambarkan keadaan kesehatan masyarakat secara umum sehingga menentukan kebijakan kesehatan selanjutnya. Data morbiditas kumulatif bisa menghasilkan peristiwa yang akhirnya disebut mortalitas atau kematian.


Pengertian mortalitas

Beberapa waktu terakhir, angka mortalitas di Indonesia meningkat drastis seiring merebaknya wabah virus corona di seluruh wilayah dunia. Secara pengertian singkat, mortalitas adalah ukuran jumlah kematian yang melanda populasi yang disebabkan oleh faktor umum atau spesifik.

Di Indonesia, parameter mortalitas digunakan untuk menentukan pembangunan manusia yang mencakup angka kematian bayi, angka kematian anak dan angka harapan hidup. Angka harapan hidup bisa menjadi indikasi perkembangan dan kemajuan suatu negara.

Morbiditas dan mortalitas menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan agar pemerintah bisa menentukan kebijakan terbaik. Tentu morbiditas dan mortalitas merupakan faktor yang selalu berkaitan dengan natalitas dan fertilitas.

Empat pokok dalam peta demografi yang menjadi acuan untuk menentukan perencanaan pembangunan berdasarkan komposisi penduduk, evaluasi kinerja pembangunan, peningkatan standar kehidupan penduduk, dan perkembangan ekonomi yang lebih baik pada masa mendatang.

Morbiditas adalah kondisi sakit yang bisa saja menimpa seseorang berkali-kali. Sumber data morbiditas berasal dari berbagai survei kesehatan, data klinis dan medis rumah sakit, laporan data penyakit menular, dan informasi kredibel lain. Adanya data morbiditas bisa memberikan pertimbangan tindakan pemerintah untuk meningkatkan layanan kesehatan. Angka morbiditas yang tidak terlalu tinggi sangat berpengaruh dalam upaya mengendalikan tingkat kematian di suatu daerah.

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar