HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Iklan Billboard 970x250

Ingin Menyambung Pipa, Pastikan Anda Menyiapkan 5 Peralatan Ini!


Saat terjadi masalah pada instalasi air di rumah, Anda bisa langsung memanggil tukang pipa yang berpengalaman. Tukang bisa mengganti pipa atau memperbaiki sambungan yang bermasalah dalam sekejap. Daripada menghabiskan uang untuk menyambung pipa rumah, kenapa Anda tidak mencoba menyambung instalasi pipa sendiri? Gunakan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan seperti lem pipa, gergaji, amplas, dan lain-lain. 

Kalau Anda masih bingung cara menyambung pipa PVC di rumah, simak ulasan berikut! 

Peralatan untuk menyambung pipa 

Pembuangan air di rumah tangga bisa menjadi lebih kompleks saat Anda menggunakan pipa beda material. Namun, pengairan air bersih atau pembuangan limbah rumah biasa bisa menggunakan keterampilan Anda sendiri. 

Dengan mencari informasi di internet saja, Anda bisa menyambung pipa air di rumah tanpa harus memanggil tukang. Sebelum melakukan penyambungan pipa dengan benar, sebaiknya Anda menyiapkan peralatan yang dibutuhkan antara lain : 

1. Pipa 

Anda bisa membeli produk pipa di toko atau distributor yang menjual pipa berstandar nasional. Pipa PVC banyak digunakan untuk kebutuhan instalasi air di rumah tangga. Sebaiknya Anda membeli pipa PVC yang memiliki material berkualitas seperti tahan korosi, tanpa timbal, kuat, dan ringan. 

Bobot yang lebih ringan memudahkan Anda untuk memasang instalasi pipa sendiri. Apalagi harga pipa PVC jauh lebih murah dibandingkan dengan pipa dari material lain. 

2. Lem pipa 

Jika Anda memang memasang pipa PVC, sebaiknya beli lem pipa khusus PVC. Lem yang bersifat tahan air yang cocok mendukung sambungan pada instalasi pengairan di rumah Anda. Jika ingin melakukan penyambungan pipa lain, Anda bisa menggunakan jenis lem yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. 

3. Alat pemotong atau gergaji 

Gunakan peralatan vital yang berguna untuk memotong pipa menjadi beberapa bagian. Agar sambungan pengairan di rumah lebih baik, sebaiknya Anda melakukan pengukuran secara presisi. 

Sebaiknya beli produk pipa yang memiliki ukuran bervariasi sesuai kebutuhan pengairan. Misalnya pipa PVC memiliki ukuran diameter yang lebih kecil, sedangkan pipa HDPE memiliki ukuran lebih besar. Kalau bisa menghindari sambungan pipa yang tidak perlu, kenapa tidak? 

4. Ampelas halus 

Peralatan yang harus Anda persiapkan sebelum menyambung instalasi pipa adalah ampelas halus. Sebaiknya Anda melakukan gerakan memutar searah jam untuk hasil yang lebih maksimal. Anda tidak boleh menggosok terlalu kuat agar tidak merusak permukaan pipa. Gosok tiga sampai lima kali saja agar permukaan menjadi lebih kasar dan bersih. 

5. Kain 

Gunakan kain bersih untuk mengelap bagian ujung pipa yang sudah digosok ampelas. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan debu, kotoran atau sisa air yang tertinggal pada permukaan pipa. Kotoran yang tersisa bisa merusak atau menciptakan retakan pada sambungan pipa. 

Menyambung pipa di hunian sendiri bisa Anda lakukan tanpa bantuan tukang. Sebaiknya Anda membaca tutorial memasang pipa yang kredibel di internet atau media lain. Anda bisa menyambung pipa tanpa risiko bocor atau retak asal menggunakan lem pipa yang berkualitas, ya! 

Gunakan pipa PVC yang memiliki kualitas terjamin dengan harga yang ekonomis hanya di distributor RUCIKA yang legal. Untuk mendapatkan sambungan pipa yang tidak bocor dan tahan lama, Anda bisa menggunakan lem pipa rucika, RUGlue. Dijamin hasil pemasangan instalasi pipa air di rumah Anda tetap maksimal sebab menggunakan material yang teruji ahli di daerah tropis. Yuk, jadi tukang dadakan yang bisa menghemat biaya pemasangan pipa di rumah Anda! 

Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar