HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Iklan Billboard 970x250

Tidak Hanya Menyenangkan, Inilah 6 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Olahraga merupakan hal yang penting untuk dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan Anda. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan, termasuk olahraga yang cukup murah dan mudah dilakukan seperti bersepeda. Olahraga jenis ini sebaiknya Anda lakukan secara rutin karena manfaat bersepeda baik untuk kesehatan tubuh.


Manfaat olahraga bersepeda

Berikut beberapa manfaat bersepeda yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan olahraga ini.

1. Mengendalikan berat badan

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin mengurangi kelebihan berat badan. Bagi Anda yang sudah memiliki berat badan ideal, bersepeda juga bisa membantu Anda mengendalikan berat badan. Aktivitas bersepeda akan meningkatkan sistem metabolisme dan membakar lemak serta kalori dalam tubuh.

Selain itu, bersepeda juga akan membentuk otot-otot sehingga Anda akan memiliki tubuh yang lebih indah. Tentunya hal ini juga perlu Anda imbangi dengan pengaturan pola makan yang baik serta mengatur lama waktu Anda melakukan olahraga bersepeda tersebut.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Bersepeda juga menjadi olahraga yang bisa mengurangi Anda dari terkena penyakit-penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan paru-paru. Olahraga ini juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Gerakan yang Anda lakukan saat bersepeda akan menguatkan otot jantung.

Selain itu, kadar lemak yang ada di dalam darah juga akan berkurang. Maka, jika Anda ingin terhindar dari penyakit-penyakit ini di masa tua, mulailah untuk rutin melakukan olahraga bersepeda.

3. Mengurangi resiko kanker

Manfaat bersepeda yang akan Anda dapatkan selanjutnya yaitu dapat menjauhkan Anda dari serangan penyakit kanker. Riset ini telah dibuktikan dalam sebuah jurnal di American Medical Association. Anda memiliki tubuh yang lebih bugar dengan rutin melakukan olahraga ini. Orang dengan kondisi lebih bugar akan lebih kecil mengalami resiko penyakit-penyakit seperti kanker paru, kanker kolorektal, kanker usus, serta kanker payudara.

4. Mengurangi resiko diabetes

Resiko penyakit lain yang bisa dijauhkan jika Anda rutin bersepeda adalah penyakit diabetes. Hal ini telah diungkapkan oleh sebuah studi di Finlandia. Untuk mengurangi resiko diabetes, Anda perlu bersepeda secara rutin minimal selama tiga puluh menit dalam sehari.

5. Meningkatkan kekuatan otot

Gerakan-gerakan yang Anda lakukan ketika bersepeda akan meningkatkan kekuatan tulang dan otot serta melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. Aktivitas bersepeda bahkan sangat baik bagi para penderita osteoporosis. Bersepeda bisa menjadi salah satu latihan ringan untuk menghilangkan nyeri penderita osteoporosis.

6. Menghilangkan stres

Aktivitas bersepeda yang Anda lakukan dengan berkeliling menyusuri berbagai jalan akan merangsang tubuh untuk memproduksi hormon dopamine. Hormon ini adalah hormon yang bisa memunculkan perasaan bahagia sehingga Anda bisa menghilangkan stres dengan bersepeda.

Itulah beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan olahraga ini.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar