HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Iklan Billboard 970x250

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memicu Jerawat


Jerawat merupakan sebuah masalah yang tidak bisa dianggap remeh. Meskipun kecil dan cenderung tidak membahayakan, namun jerawat bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang dan juga bisa menimbulkan bekas di wajah. Untuk menghilangkan bekas luka akibat jerawat di wajah, Anda bisa menggunakan bio oil yang sudah terbukti ampuh.

Meski begitu Anda juga harus lebih memperhatikan beberapa kebiasaan yang bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah Anda seperti berikut.

1. Menyentuh wajah

Tangan Anda merupakan sumber dari berbagai bakteri dan kotoran yang mungkin menempel ketika Anda beraktivitas atau memegang sesuatu. Banyak orang sering tidak sadar menyentuh wajah mereka dengan tangan yang masih kotor. Bakteri pada tangan yang menyentuh wajah itulah yang bisa menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat.

Untuk menghindari ini, Anda harus sering mencuci dan membersihkan tangan. Jangan lupa juga untuk menggunakan tisu yang bersih ketika hendak membersihkan muka. Anda juga perlu menjaga kebersihan kuku Anda dengan rutin menggunting kuku.

2. Rambut yang kotor

Kebiasaan Anda tidak rutin melakukan keramas juga bisa berpengaruh terhadap munculnya jerawat pada wajah, terlebih bagi Anda yang memiliki rambut panjang atau berponi. Anda yang tidak rutin melakukan keramas akan memiliki rambut yang bau dan lepek sehingga menimbulkan 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Memicu Jerawat

tumbuhnya banyak kotoran. Kotoran di rambut ini juga bisa menempel ke wajah dan menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk mencegahnya, Anda harus lebih rajin keramas minimal dua hari sekali.

3. Terlalu sering mencuci muka

Selain menghilangkan bekas jerawat dengan berbagai produk perawatan wajah seperti bio oil, Anda juga mungkin mencoba menjaga kebersihan muka Anda dengan menggunakan produk pencuci muka. Namun, mencuci muka terlalu sering juga justru bisa memicu timbulnya jerawat. Mencuci muka terlalu sering akan membuat kulit wajah Anda iritasi dan menjadi semakin sensitif serta menghilangkan produksi minyak yang sebenarnya berfungsi untuk melembabkan wajah.

Jika Anda mencuci muka dengan sabun pembersih, hal itu juga bisa membuat wajah bereaksi terhadap zat kimia dalam sabun dengan munculnya jerawat. Bahan bahan kimia pada sabun pembersih juga tidak bisa membedakan antara bakteri baik atau bakteri jahat pada wajah sehingga bakteri baik yang sebenarnya melindungi wajah bisa ikut terbunuh. Idealnya, Anda cukup membersihkan wajah maksimal dua kali dalam sehari.

4. Penggunaan kosmetik yang salah

Kosmetik memang bisa mempercantik penampilan Anda, namun penggunaan kosmetik yang salah juga bisa memicu timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah, salah satunya jerawat yang muncul karena terjadinya penyumbatan pori-pori. Untuk Anda yang rentan terkena masalah jerawat, Anda perlu memilih jenis kosmetik yang tepat.

Pilihlah kosmetik dengan label khusus untuk kulit berminyak atau berjerawat dan memiliki label non komedogenik. Label non komedogenik ini menandakan kosmetik tersebut tidak akan menyumbat pori-pori. Jangan lupa juga untuk membersihkan sisa-sisa kosmetik sebelum Anda tidur dan pastikan masa kadaluarsa kosmetik tersebut sebelum digunakan.

5. Cara mencuci muka yang salah

Cara Anda mencuci muka dengan teknik yang salah juga memungkinkan timbulnya jerawat pada wajah Anda. Sebelum mencuci muka, pastikan tangan Anda sudah benar-benar bersih. Jika Anda memiliki rambut berponi, ikat dahulu rambut Anda agar tidak menghalangi wajah sehingga seluruh bagian muka bisa bersih sempurna. Jika Anda menggunakan handuk untuk mengelap wajah, pastikan handuk tersebut bersih dan rutinlah mencucinya.

Itulah beberapa aktivitas yang tidak disadari bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat yang sudah terlanjur muncul di wajah Anda, Anda bisa menggunakan bio oil yang bisa Anda beli di toko kosmetik atau di berbagai marketplace.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar