HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Iklan Billboard 970x250

Jangan Tunggu Pensiun! Inilah 6 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Segera Punya Bisnis Sampingan


Pernah terpikirkan untuk memiliki bisnis sampingan? Mungkin, sekarang kamu belum memikirkannya karena alasan masih sibuk mengejar karir. Mungkin, kamu berencana memiliki usaha sendiri ketika nanti sudah pensiun. Sebenarnya kamu tidak perlu menunggu waktu pensiun untuk memulai berbisnis. Kenapa kamu tidak memulainya dari sekarang? 

Kenapa Harus Punya Bisnis Sampingan Sejak Sekarang? 

Ada enam alasan kenapa kamu sebaiknya punya usaha sampingan sejak sekarang, yaitu sebagai berikut : 

1. Menyalurkan hobi 
Alasan yang pertama adalah menyalurkan hobi. Sudah bukan rahasia lagi jika banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan passion mereka. Untuk itu, memiliki bisnis bisa dijadikan sebagai salah satu sarana dalam menyalurkan hobi. 

Kalau kamu hobi memasak, kamu bisa memulai usaha di bidang kuliner. Kalau kamu suka otomotif, kamu bisa memulai usaha di bidang yang sama. Seperti yang kita tahu, pekerjaan yang dilakukan karena suka atau cinta akan menghasilkan manfaat yang lebih besar, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. 

2. Bertemu dengan orang-orang baru 
Alasan yang kedua adalah karena kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Berbisnis memberimu kesempatan untuk menambah teman karena secara otomatis kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Jaringanmu semakin banyak dan hal ini tentu akan memberi dampak baik bagi dirimu. 

3. Mengasah keterampilan 
Alasan yang ketiga adalah karena memiliki usaha sampingan akan mampu mengasah keterampilan kamu. Menjalani rutinitas pekerjaan setiap harinya tidak lagi membutuhkan terlalu banyak keterampilan. Namun dengan mulai mendirikan usaha, kamu akan mulai belajar berbagai keterampilan baru, seperti bagaimana cara menghadapi konsumen, partner bisnis, supplier, hingga mengatur keuangan usaha yang kamu jalani. 

4. Mendapatkan Penghasilan tambahan 
Alasan yang keempat dan juga seringkali menjadi alasan utama kenapa kamu harus memiliki usaha sampingan adalah karena kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Buat kamu yang gaji per bulannya belum bisa mencukupi semua kebutuhan, berarti kamu perlu memiliki usaha sampingan. Tidak perlu yang besar. Usaha kecil-kecilan seperti usaha online shop atau dropshipper juga bisa mulai kamu rintis. 

Mendapatkan penghasilan tambahan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk kamu yang pendapatannya masih minim. Buat kamu yang gajinya sudah mencapai dua digit, tetap boleh menggunakan alasan ini untuk memulai usaha. Dengan begitu, uang yang ditabung akan semakin banyak. 

5. Memanfaatkan waktu luang 
Alasan yang kelima adalah memanfaatkan waktu luang. Jika kamu masih memiliki banyak waktu luang setelah digunakan untuk bekerja seharian dan quality time dengan keluarga, lebih baik kamu manfaatkan waktu luang tersebut untuk mulai merintis usaha. 

Daripada waktu senggang tersebut hanya kamu pakai untuk nongkrong dan ngopi-ngopi bersama dengan teman sejawat, bukankah akan lebih bermakna jika kamu memakainya untuk membangun usaha kamu sendiri? 

6. Persiapan pensiun 
Alasan yang terakhir adalah untuk persiapan pensiun. Yang sering terjadi adalah memulai bisnis setelah masa pensiun. Padahal akan lebih baik jika kamu memulainya jauh sebelum masa pensiun itu datang. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika usahamu gagal dan kamu kehilangan modal karena kamu masih punya gaji bulanan. Ketika masa pensiun tiba, usaha yang kamu rintis sejak jauh-jauh hari sudah bisa berdiri tegak. Kamu tinggal mengawasinya saja. 

Nah, itulah enam alasan kenapa kamu sebaiknya memiliki bisnis atau usaha sampingan. Banyak orang yang berpikiran kalau mereka tidak cocok menjadi pebisnis. Jika mindset-nya saja sudah demikian, bagaimana mungkin usaha yang dirintis akan sukses? Benahi dulu mindset-nya. Temui sebanyak-banyaknya pebisnis yang berhasil dan belajar dari mereka. Kemauan belajar dan mencoba seringkali lebih penting daripada suntikan modal yang besar.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar