HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Iklan Billboard 970x250

5 Tips Liburan Hemat ke Solo ala Backpacker

Melakukan perjalanan ke Solo dengan bujet terbatas, terdengar meresahkan. Banyak yang khawatir, dana tersebut tidak cukup untuk akomodasi, makan, atau wisata. Namun, bagi backpacker, semua kegelisahan itu menjadi tantangan. 

Bagaimana backpacker mengatasi biaya liburan yang cenderung membengkak? Simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Pilih Pesawat Lion Air untuk Transportasi ke Solo



Peta kota solo (sumber: google maps)

Kota Solo dapat dijangkau dari jalur darat maupun udara. Supaya lebih cepat sampai, sebaiknya pilih perjalanan dengan pesawat. Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan maskapai Lion Air. Booking segera tiket pesawat Lion Air dari bandara di dekat tempat tinggal Anda menuju Bandara Adi Soemarmo Solo. 

2. Keliling Solo dengan Bus Tingkat 

Solo memiliki moda transportasi beragam; salah satunya bus tingkat. Kendaraan tersebut dikenal dengan sebutan bus Werkudara. Operasinya dimulai sejak tahun 2011 silam. Tarif yang ditawarkan pun terjangkau, sekitar Rp20.000 untuk satu kali perjalanan pulang pergi. 

Meski murah, bus Werkudara nyaman ditumpangi. Di dalamnya terdapat kursi laiknya bus kota. Bagian atas, jendelanya dibiarkan terbuka supaya penumpang bisa melihat panorama di luar bus. 

Untuk rute, Anda bisa berangkat dari Kantor Dishubkominfo dengan tujuan akhir Taman Satwa Taru Jurug. Nantinya, bus melewati Pasar Gede, Balai Kota, Jalan Veteran, Lumbung Batik, dan Laweyan. 

3. Pilih Penginapan Murah 

Anda ingin menginap di hotel yang nyaman, tetapi harganya terjangkau? Tenang saja; Solo punya banyak akomodasi murah dengan kamar Standar. Biasanya, kamar tersebut sudah dilengkapi AC, kamar mandi dalam, televisi, tempat tidur, lemari, serta peralatan mandi gratis. 

Nah, soal biaya, kamar hotel Standar umumnya dibanderol sekitar Rp150—200 ribuan. Anda bisa pesan kamar lewat aplikasi traveling. Selain lebih murah, banyak promo menarik. Misalnya, promo potongan harga, diskon tiket pesawat, serta suvenir unik. 

4. Makan di Warung Tradisional 

Anda tak perlu bingung kalau soal makan di Kota Solo. Asalkan tidak bersantap di restoran, harga kuliner dijamin terjangkau. Salah satu nasi liwet; hidangan khas Solo yang mudah ditemukan di sepanjang jalan raya. Nasi liwet memiliki rasa gurih; lengkap dengan irisan telur, ayam, dan tahu bumbu kuning yang disiram kuah sayur labu siam dan santan. 

Nasi pecel juga bisa menjadi pilihan bersantap saat liburan di Solo. Pecel terbuat dari nasi yang dicampur sambal kacang. Sebagai pelengkap, nasi pecel ditaburi taoge, kol, irisan ayam, dan telur. Harga satu porsi nasi pecel ini sekitar Rp4.000. Murah, bukan? 

5. Buat Jadwal Kunjungan


Peta destinasi di solo (sumber: pamungkaz.net)

Jadwal kunjungan menentukan nominal bujet yang Anda keluarkan. Mulailah dengan menyusun lama wisata dan destinasinya. Tentukan juga transportasi menuju ke sana. Jangan sampai, bujet Anda habis lantaran jarak tempat wisata berjauhan atau tidak memahami rutenya. 

Sebagai contoh, hari pertama, Anda mengunjungi tempat wisata di pusat Kota Solo. Mulai dari Taman Satwa Taru Jurug, Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran, dan Batik Laweyan. Di hari kedua, Anda bisa menyusuri kawasan tersembunyi, misalnya Taman Balekambang, Air Terjun Parang Ijo, dan Air Terjun Jumog. 

Jadi, sudah sampai mana persiapan Anda untuk traveling ala backpacker ke Solo? Persiapan dapat dimulai dari memesan tiket pesawat ke Solo. Pastikan, booking tiket pesawat di momen terbaik, misalnya malam hari dan low season. Setelah mendapatkan tiket, segera pesan kamar hotel melalui aplikasi traveling, seperti Airy

Dengan menggunakan Airy, Anda bisa bertransaksi secara aman. Pasalnya, aplikasi ini menjamin transaksinya bebas penipuan. Di samping itu, Anda dapat meminta memanfaatkan refund dan reschedule jika ada hambatan dalam perjalanan.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar