HnJxnamjFNAlOVF6Q1uObREh7avz80zCg0Efg9rw

Iklan Billboard 970x250

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Investasi di Bidang Properti



Kemudahan akses belajar membuat orang semakin melek dengan literasi keuangan. Investasi tidak lagi menjadi hal tabu yang hanya diketahui oleh orang-orang yang memiliki modal besar dan berkecimpung di industri keuangan. Produk investasi pun semakin beragam. Ada investasi pasar modal, investasi emas, investasi di valuta asing, hingga investasi properti. 

Investasi dipilih karena memiliki nilai return yang lebih tinggi daripada sekedar menabung di bank. Dari sekian banyak produk investasi tersebut, investasi di bidang properti masih menjadi primadona sejak dulu. Orang membeli rumah, bangunan, atau tanah, untuk kemudian disewakan atau dijual kembali sehingga mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli. 

Perhatikan ini Sebelum Investasi di Bidang Properti 

Sayangnya, investasi di bidang ini membutuhkan modal yang tidak sedikit. Karena itulah, hanya orang-orang dengan modal besar yang bisa memilih investasi jenis ini. Nah, bagi Anda yang ingin terjun berinvestasi di bidang properti, ada hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum memulainya. 

1. Lokasi 
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lokasi properti yang akan Anda beli. Bangunan dengan lokasi yang strategis lebih mudah dijual kembali dengan harga tinggi dibanding properti dengan lokasi yang kurang strategis. Lokasi yang strategis ini bisa dilihat dari seberapa dekat properti dengan fasilitas umum dan jalan raya. 

Selain itu, kemudahan akses menuju ke lokasi tersebut juga menjadi pertimbangan. Walaupun dekat dengan jalan raya, jika transportasi umum jarang yang lewat di daerah tersebut, tentu masih belum dikategorikan sebagai lokasi strategis. 

2. Hitung biaya perawatan dan pajak yang dibebankan 
Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah biaya perawatan dan pajak yang harus dibayarkan. Ketika Anda membeli rumah, Anda tetap butuh biaya perawatan meskipun rumah tersebut tidak Anda tempati. Rumah yang terawat dengan baik akan mampu mendongkrak nilai jual daripada yang tidak terawat. 

Jangan lupakan juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang harus dibayarkan jika Anda membeli rumah tapak sebagai investasi. Rumah yang terletak di lokasi strategis dan dekat dengan jalan raya, pajaknya lebih besar dibanding rumah yang lokasinya tidak strategis. Anda harus memperhitungkan biaya-biaya ini agar tidak merugi ketika memutuskan untuk menjualnya kembali. 

3. Faktor keamanan 
Anda juga perlu memperhatikan faktor keamanan lingkungan sekitar. Meskipun bermaksud menjadikannya sebagai objek investasi dan tidak ingin menempatinya, faktor keamanan ini akan mempengaruhi nilai jual properti yang Anda miliki. Oleh karena itu, sebelum membelinya, Anda sebaiknya mencari tahu kondisi lingkungan sekitar. 

4. Potensi bencana alam 
Selain memperhatikan faktor keamanan, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah potensi bencana alam. Rumah yang berada di kawasan rawan banjir dan tanah longsor tentu akan sulit dijual kembali. Jangan hanya memperhatikan potensi bencana saat ini. Anda juga perlu mempertimbangkan potensi bencana di masa yang akan datang. 

5. Pengembangan kawasan di masa yang akan datang 
Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah pengembangan kawasan di masa yang akan datang. Karena investasi di bidang properti ini merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang, Anda pun harus mampu menganalisis prospek jangka panjang properti yang Anda beli. Meskipun saat ini masih sepi, jika nantinya kawasan tersebut akan dibangun berbagai fasilitas publik dan menjadi pusat bisnis, Anda tidak perlu mempertimbangkannya hingga dua kali. 

Demikian lima hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai investasi di bidang properti. Memang lebih baik jika Anda mengetahui ilmunya terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi. Tapi juga akan jauh lebih baik jika Anda mau memulainya dari sekarang. Jika gagal, anggaplah kegagalan tersebut sebagai pelajaran berharga untuk di kemudian hari.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar